Jumat, 30 Januari 2015

Part 15. Pengertian Gateway

Next setelah kita membahas ip dan dns kita masuk ketahap selanjutnya yaitu gateway..ini masih kaka beradik dengan ip address dan dns hehe..simak gan apa itu gateway agar ketika mengkonfigurasi kita gak bingung..ok

Gateway 

Apa yang dimaksud Gateway?

Gerbang jaringan (bahasa Inggris: gateway) adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan kaidah komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer dapat dialirhantarkan ke jaringan komputer yang lain dengan kaidah jaringan berbeda. Pengartian tersebut adalah arti utama istilah gerbang jaringan. Gateway adalah sebuah mekanisme yang menyediakan akses ke sebuah sistem lain yang terhubung ke dalam sebuah network.(ini sedikit kutipan dari http://id.wikipedia.org)
Atau



Gateway merupakan suatu perangkat yang dipakai untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu/ lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang tidak sama sehingga informasi dari satu jaringan komputer bisa dibagikan/dishare ke jaringan komputer lain yang tidak sama protokolnya.

Seiring dengan berkembangnya internet, seringkali Pengertian/ definisi gateway bergeser. Terkadang pemula menyamakan definisi "gateway" dengan "router" yang sebetulnya berbeda.
Terkadang, kata "gateway" digunakan untuk mendeskripkan perangkat yang menghubungkan jaringan komputer besar dengan jaringan komputer besar lainnya. Definisi itu muncul karena perbedaan protokol komunikasi dalam jaringan komputer seringkali hanya terjadi pada jaringan komputer yang besar.
Itulah pengertian Gateway, semoga definisi Gateway di atas dapat bermanfaat buat anda.

0 komentar:

Posting Komentar